Deretan Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Berat Badan Selama Puasa

Datangnya bulan suci Ramadhan tentunya akan disambut suka cita oleh umat Islam diseluruh dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena setiap pahala dari amal ibadah maupun perbuatan baik akan dilipatgandakan pada bulan puasa.

Akan tetapi, bulan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badannya.

Nah, berbicara soal cara menambah berat badan saat puasa, berikut dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang akan meningkatkan berat badan selama puasa.

  1. Makanan Dengan Karbohidrat Complex

Karbohidrat Complex merupakan salah satu sumber energi yang sangat bagus untuk meningkatkan berat badan, terlebih selama menjalankan puasa.

Oleh karenanya, disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi makanan dengan Karbohidrat Complex ketika waktu berbuka puasa dan sahur.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung Karbohidrat Complex, seperti oatmeal, pasta, kentang, roti gandum, nasi putih, dan biji-bijian.

  1. Makanan Berprotein Tinggi

Selain Karbohidrat Complex, kandungan protein juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan berat badan di bulan puasa.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan protein mampu mempercepat proses pemulihan tubuh setelah menjalankan aktivitas fisik.

Lantas, jenis makanan seperti apa sajakah yang memiliki protein tinggi? Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah:

  • Kacang-kacangan
  • Makanan olahan kacang (tempe dan tahu)
  • Daging ayam
  • Daging ikan
  • Telur
  • Daging tanpa lemak
  • Makanan olahan susu.
  1. Makanan Dengan Lemak Sehat

Perlu diketahui, kandungan lemak sehat merupakan sumber kalori tinggi yang berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Adapun mengenai jenis makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, seperti ikan salmon, ikan sarden, mentega kacang, biji-bijian, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

  1. Buah-buahan Dengan Kandungan Kalori

Sebenarnya hampir semua jenis-jenis buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi, hanya ada beberapa jenis buah saja yang kandungan kalorinya terbilang tinggi. Ya, seperti buah mangga, kurma, kismis, pisang, semangka, dan lain sebagainya.

Meskipun tinggi kalori, namun buah-buah tersebut memiliki kandungan gula alami yang tentunya aman untuk dikonsumsi, termasuk bagi para penderita diabetes.

Konsumsilah buah-buahan ini secukupnya di waktu berbuka puasa dan sahur.

  1. Makanan Dengan Rendah Lemak

Menurut informasi yang didapat, makanan dari olahan susu adalah sumber kalsium yang kandungan lemak jenuhnya sangat rendah.

Sebaliknya, justru makanan dari olahan susu kaya akan kandungan lemak sehat dan protein lho. Makanan dari olahan susu yang dimaksud seperti keju, yoghurt keju cottage, kefir, dan lain sebagainya.

Agar cita rasanya lebih mantap, kamu bisa menjadikan makanan olahan susu tersebut sebagai bahan smoothie ataupun toping.

  1. Cemilan Dengan Kalori Tinggi

Jangan ragu untuk mengonsumsi cemilan ketika waktu berbuka puasa maupun sahur. Namun, kamu juga jangan sembarangan dalam mengonsumsi cemilan.

Pilihlan jenis-jenis cemilan yang memiliki kandungan kalori, sepeerti selai kacang, kacang pistachio, kacang almond, umbi-umbian, dan sebagainya.

  1. Minuman Dengan Kalori Tinggi

Tak hanya makanan, ternyata ada juga minuman tertentu yang memiliki kandungan kalori tinggi untuk meningkatkan berat badan di bulan puasa lho.

Minuman dengan kalori tinggi yang dimaksud seperti jus buah, susu coklat, susu murni, yoghurt, hingga smoothie.

Namun, hindarilah jenis-jenis minuman yang memiliki kandungan cafein seperti kopi dan teh. Pasalnya, minuman tersebut dapat menyebabkan masalah dehidrasi dan mengurangi nafsu makan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan selama puasa.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *